Friday, May 26, 2017

Home » » Mengenal Macam Macam OS (Operating System) Komputer

Mengenal Macam Macam OS (Operating System) Komputer


Jika kita berbicara masalah komputer atau hal yang berkaitan dengan komputer ataupun sejenisnya, maka kita tidak akan luput dari yang namanya OS (Operating System) atau dalam bahasa indonesia disebut Sistem Operasi.

Sebenarnya apa itu sistem operasi ??

Komputer ataupun alat sejenisnya tidak akan berfungsi tanpa adanya Sisterm Operasi (OS). Oleh sebab itu Sistem Operasi mempunyai pengaruh besar dalam init komputer, laptop dan sejenisnya bahkan dalam Hp.

Disini saya akan menjelaskan apa yang disebut dengan OS (Operating System) atau Sistem Operasi, Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi sangat penting dalam sebuah unit komputer atau pun sejenisnya, tanpa sistem operasi kita tidak bisa menginstal program apapun apalagi menggunakan nya, kecuali program Booting.

Sistem Operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Untuk fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan (input) dan keluaran (output) dan alokasi memori. Sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu.

Sistem Operasi yang  ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer, dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web adalah Linux, Android, IOS, MAC OS X dan Microsoft Windows.



Macam Macam Sistem Operasi (OS)



1. Microsoft Windows

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem Operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, tentu saja system operasi yang dikembangkan oleh Microsof in pada mulanya belum sebagus dan sekompleks system operasi Windows Vista atau Windows 7. Diawali dengan kehadiran MS-DOS (Micro Soft- Disk Operating System) yang proses runningnya masih berbasis console. Microsoft sudah memulai perjalanan panjang dalam dunia bisnis teknologi informasi.
MS-DOS pada awalnya memiliki lisensi resmi dari QDOS (Seattle Consumer Product Quick and Dirty Operating System). MS-Dos masih belum memiliki layanan interface grafis bagi penggunanya dan seluruh perintah yang akan dijalankan di inputkan secara langsung oleh pengguna melalui console atau command prompt.

Microsoft 1.0 - Windows NT 4.0

Windows 1.0 merupakan versi independen pertama dari Microsoft. Sysem Operasi yang dirilis pada 20 November 1985 ini merupakan langkah strategis yang diambil Microsoft untuk mengantisipasi kehadiran system operasi baru yang bernama Vision pada saat itu. Vision mengusung fitur layanan intrface grafis primitife, akses aplikasi melalui jendela aplikasi, penggunaan mouse untuk proses navigasi dan dapat digunakan pada PC IBM. Hal ini kemudian dipandang sebagai ancaman terhadap hubungan kerjasama antara IBM dengan Microsoft.
Awal mulanya, system operasi ini akan dirilis dengan nama interface Manager. Namun pada akhirnya Rowland Hanson kepala bagian pemasaran saat itu, berhasil meyakinkan perusahaan bahwa penggunaan istilah "Windows dibandingkan Inteface Manager" akan menjadi daya tarik lebih bagi konsumen. Disamping itu, memang dalam kenyataannya pada sistem operasi baru ini, pengguna dapat berinteraksi langsung melaluo GUI (Graphical User Interface) yang hadir dalam konsep jendela aplikasi (Windows). Inilah yang kemudian menjadi awal penamaan seri Windows lainnya setelah Windows 1.0.

Windows 95 - Windows ME

Selama beberapa waktu, Microsoft sempat memasukkan tahuan dalam kosep pemberian nama versi system operasi yang mereka kembangkan . Beberapa versi Windows yang menggunakan konsep ini adalah Windows 95, Windows 98 dan Windows Milenium pada tahun 2000. Ketiga jenis versi tersebut dibangun dengan versi Kernel 3.1 yang sudah dimodifikasi untuk tujuan perbaikan bug dan peningkatan performa kecepatan.

Windows XP, Vista dan Windows 7



Seri Windows XP dirilis pada tahun 2001 dengan project bernama " Whistler ". Istilah XP diambil dari kata eXPerience. Windows XP pada saat itu menggunakan NT 5.1 Kernel. Microsoft menyertakan tiga Service Packs pada versi ini. Microsoft XP terdiri dari beberapa versi yaitu Windows XP, Windows XP 2 dan Windows XP 3. Pada tahun 2007, microsoft  merilis Windows Vista untuk menggantikan Windows XP.

Dari Sumber Microsoft dikatakan bahwa asal muasal penggunaan penggunaan nama Windows Vista teruang dalam pengalaman filosofis berikuti ini "At the end of the day... what you're trying to get to is your own personal VISTA" Konsep penanaman ini kembali berubah menggunakan pendekatan yang lebih sederhana ketika pada 20 Juli 2009 Microsoft merilis Windows 7.

Windows 7 lebih kompleks dan lebih mempunyai tampilan yang bagus dibanding dengan XP dan Vista. Windows 7 memiliki fiture fiture yang lebih komplit dibanding dengan XP dan Vista, sehingga saat ini masih banyak yang mengunakan Sisterm Operasi ini.

Windows 8



Windows 8 adalah nama dari versi  Micorosoft Windows setelah Windows 7. Serangkaian sistem Operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tabler PC, server, dan PC pusat media. Sistem Operasi ini menggunakan mikrosprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Penggunaanya diubah agar mampu digunakan pada peralaan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 didesain untuk perangkat tablet layar sentuh.
Micorosoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.

Windows 10



Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Micorosoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Micorosoft NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada tanggal 29 Juli 2015 dan pada tanggal 30 November 2015.
Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambah mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh  termasuk kebangkitan menu mulai terlihat di Windows 7. Sistem Desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop dari pada modus layar penuh.

2. Linux



Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama.. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Nama Linux berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumya berasal dari sistem operasi GNU yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman.. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif  GNU/Linux.

Perbedaan utama antara Linux dan sistem operasi populer lainnya terletak pada kernel Linux dan komponen komponen yang bebas dan terbuka. Linux bukan satu satunya sistem operasi dalam kategori tersebut, walaupun demikian linux adalah contoh terbaik dan terbanyak digunakan.

3. MAC



MAC OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer Khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur power PC maupun x86.

Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem Operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan populer dikalangan pengguna.
Karakter X adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, dimana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakn sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf X yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran X misalnya (AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, dan Xenix)

Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi server ini mirip versi standarnya, dengan perbedaan bahwa versi server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah perangkat lunak untuk menjalankan fungsi fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda.

4. IOS

IOS (Iphone OS) bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CE) Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal diperangkat keras non- Apple.

5. Android



Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan apliksi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam macam peranti bergerak, Awalnya Google, Inc, pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak dan telekomunikasi termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Didunia ini terdapat dua jenis distributor sistem Operasi Android yaitu yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Service (GMS) dan kedua adalah yang benar benar bebas distirbusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distibution (OHD)

Sistem Operasi Buatan Indonesi

1. IGOS Nusantara (IGN)



IGN adalah suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika LIPI yang sudah berdiri sejak tahun 2006 hingga ke tahun 2012 ini dan akan terus berdiri kelihatannya, karena memang setelah dilihat lihat update sistem operasinya sangat sering, yang bisa kita lihat adalah IGOS Nusantara 8.0
IGOS Nusantara 8.0 RC
IGOS Nusantara 8.0 Beta
IGOS Nusantara 8.0 Alfa


Demikianlah macam macam Operating System
semoga bermanfaat...!!!

Thanks For Your Comment Here

ads

Blog Archive

Powered by Blogger.

elemen 1

Template dan Modifikasi by : ilmupedagangpelajar | ilmupedagangpelajar | ilmupedagangpelajar Published at ilmupedagangpelajar
Copyright © 2013. Ilmupedagangpelajar - All Rights Reserved