Wednesday, September 14, 2016

Home » » 4 Alasan, Kenapa Anda Harus Belajar Open Source Linux? Sekarang!

4 Alasan, Kenapa Anda Harus Belajar Open Source Linux? Sekarang!




1-       Linux membuat anda lebih pintar

ilmupedagangpelajar - Ternyata ketika justru sesuatu itu tidak ada, membuat kita berpikir gimana ya caranya supaya ada? Demikian yang terjadi pada penulis ketika menggunakan Linux, banyak hal yang dulunya penulis tidak mengerti tentang komputer, alhamdulillah dengan kehadiran Linux, membuat penulis jadi sering bertanya dan bertanya..Dan hebatnya, semuanya akan terjawab ketika kita berusaha untuk mencarinya. Seperti dulu, ketika komputer penulis tidak bisa memutar file .mp3, kenapa ya? Kok tidak bisa? Eh, ternyata kita harus menginstall codec tertentu, apa itu codec? Cara installnya gimana? Kok filenya berformat .tar.gz? Apa itu? Hingga akhirnya penulis bisa mengerti semuanya..alhamdulillah.

Berbeda ketika menggunakan Windows, kita sangat dimanjakan. Kita hanya disuruh make aja, tanpa pernah berpikir kenapa harus begini? Kenapa harus begitu? Semuanya udah siap pake…ketika rusak sedikit bingung jadinya. Atau solusinya harus diformat ulang komputernya.. Waduh..

Selain itu, bagi anda yang terbiasa menggunakan Linux, walau anda belum pernah menggunakan Windows, secara otomatis anda akan bisa juga menggunakan Windows. Di jamin.. …

2-       Linux membuat anda merasa aman

Hingga saat ini, Linux dijamin aman dari serangan virus InsyaAllah. Kita semua pasti pernah merasakan betapa menjengkelkannya ketika komputer kita terkena virus, berapa banyak waktu yang terbuang sia-sia, hanya karena virus. Dan otomatis kerja anda jadi terganggu.

Kenapa Linux aman dari virus? Menurut penulis sebabnya adalah :

* Kebanyakan virus dibuat untuk sistem operasi Windows.
* Linux belum setenar Windows.
* Linux memiliki pertahanan berlapis, dikarenakan di Linux dikenal istilah hak akses file (permission file)
Namun untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya anda memasang antivirus, karena kadang kita tidak tahu kalo dikomputer kita ternyata ada virus, walau virusnya ga akan merusak komputer Linux kita, kemudian suatu waktu kita ingin membuka data kita dikomputer teman yang menggunakan Windows, eh ternyata karena sebab kita, komputer teman jadi kena virus..karena ketidaktahuan kita.

Juga, tidak ada salahnya bila kita mencegah sejak dini. Siapa tahu ada orang yang ga suka, akhirnya menciptakan virus buat Linux. Nah lo…

3-       Linux membuat membuat kita lebih hemat

Inilah salah satu faktor kenapa mulai berbondong-bondong perusahaan beralih ke Linux, karena dengan menggunakan Linux, bisa menghemat banyak pengeluaran.

Coba simak kisah sukses berikut :

Dikatakan Lolly Amalia, Direktur Sistem Informasi Ditjen Aptel Depkominfo, Brasil terbilang sukses dalam mengimplementasi dan memberikan contoh konkret kelebihan dari Open Source.”GDP mereka terbukti naik setelah pakai Open Source.” Selengkapnya baca disini.

Salah satu keunggulan dari Open Source adalah mampu memberikan penghematan. Kementerian Negara Riset dan Teknologi misalnya, mampu berhemat hingga 60 persen anggaran TI lantaran menggunakan aplikasi bersistem terbuka itu. Demikian dikatakan Kemal Prihatman, Assistant Deputy IT Development Kementerian Negara Ristek di sela Global Conference on Open Source di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin (26/10/2009)…Selengkapnya baca disini.

Dan lain-lainnya.
Kalo bagi penulis pribadi, menggunakan Linux sejak awal, untuk mencegah akan ketergantungan pada satu sistem operasi. Mungkin saat ini kita masih dengan mudahnya memperoleh software bajakan, dan kita merasa aman-aman saja. Namun bila tiba saatnya nanti, ketika razia terhadap software bajakan semakin tegas. Sehingga akan membuat anda mau tidak mau harus mengeluarkan uang untuk membeli software yang asli, karena anda telah menjadi ketergantungan, bila tidak pakai Windows anda tidak bisa bekerja. Padahal harganya sangat mahal. Bila sejak awal anda menggunakan Linux, tentu anda jadi bisa menabung-kan?

4-       Linux membuat anda lebih mudah memperoleh pekerjaan

Kenapa? Karena sebagaimana telah penulis singgung di atas, bahwa Linux akan membuat anda menjadi lebih pintar. Namun di dalam komunitas Linux, anda dilarang pintar hanya untuk diri anda sendiri. Anda wajib berbagi kepintaran anda dengan orang lain, anda wajib membantu bila ada yang mengalami kesulitan. Kenapa? Karena kepintaran yang telah anda dapatkan juga karena orang lain. Sehingga di dalam komunitas Linux, kita diajarkan untuk berbagi ilmu, membangun jaringan. Dan akhirnya dengan berbagi, ikhlas memberi. Dari sinilah insyaAllah pekerjaan yang akan mendatangi anda.

Thanks For Your Comment Here

ads

Blog Archive

Powered by Blogger.

elemen 1

Template dan Modifikasi by : ilmupedagangpelajar | ilmupedagangpelajar | ilmupedagangpelajar Published at ilmupedagangpelajar
Copyright © 2013. Ilmupedagangpelajar - All Rights Reserved