Friday, March 2, 2012

Home » , , » Antara Google+, Facebook dan Twitter

Antara Google+, Facebook dan Twitter

Social Media sekarang bukanlah istilah yang baru, bahkan sekarang sudah menyatu dengan produk, iklan dan instansi. Perbincangan sehari hari kita pun tidak jauh dari social media, Lihat nih contohnya "

A:" kemarin liat updatenya si Kampret ga?"
B: " Iya katanya si kampret putus sama si Denok?"

C: " Wah lumayan tuh , Gw bisa pedekate ma si Denok, 
    "facebooknya denok apa ya min, mo aq add?"

Perbincangan yang mirip seperti diatas sering kita dengar baik di Bus, tempat umum, kampus bahkan obrolan kita sehari hari pun tidak lepas dari facebook dan twitter. 

Namun makin banyaknya Social Network dari Google+, Facebook, Twitter, Linkin, Foursquare dan puluhan Social network yang lain membuat kita berpikir? Emang perlu kita punya akun untuk tiap Social network tersebut?
Saya sendiri merasa itu tidak perlu, Sudah cukup dengan yang namanya jejaring social, Makin banyak jejaring social yang anda punya, makin tidak produkitf  hidup anda. Agar anda tetap produkif maka cukup Gunakan social network maksimal 3 yaitu Google+, Facebook dan Twitter, yang lainnya Lewatin aja.

Saya merekomendasikan 3 hal tersebut karena masing masing merupakan pemain besar dan punya kelebihan sendiri sendiri. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari 3 Social media tersebut

Google+

Google+ adalah social media yang dibuat oleh Google, Kelebihan utama dari Google+ adalah terintegrasi dengan Semua layanan Google, dari GMail, Google Search dan Blogger. 
Keunggulan yan glain adalah fitur +1 dari Google yang fungsinya mirip dengan Facebook Like. Google+ berusaha menyaingi Facebook dengan cara Mengintegrasikan +1 ke search engine. Makin banyak yang mem+1 sebuah link atau website, maka makin tinggi rangkinya di Google Search, hal ini tentunya berpengaruh terhadap SEO bukan? Makanya jangan heran website website memasang +1 disetiap artikelnya. 
Kelebihan yan lain adalah hangout (Video conference multi user) yang terintegrasi dengan Android. Fitur ini tidak tersedia di facebook, fitur yang lain adalah "What's Hot". Fitur ini untuk melihat trend posting yang populer di Google+. Fitur unik yang lain diantaranya circle dan  youtube player. 

Kekurangan paling mencolok dari Google+ adalah usernya masih kalah dibanding facebook atau twitter. Hal ini adalah wajar karena Google+ keluar paling terakhir dan adanya Network effect. Network effek adalah istilah yang digunakan para ahli social yang menyatakan, Seseorang akan mengikuti temannya jika teman ikut terhadap sesuatu. Kebanyakan teman teman kita ada difacebook dan ga mau beralih ke Google+, itulah yang  membuat Google+ tidak populer. 

kapan menggunakan dan untuk Apa?
Saya menggunakan Google+ hanya untuk berbagi artikel menarik, gambar lucu dan melihat update dari tokoh IT serta update dari Industri IT. Saya sendiri jarang memanfaatkan layanan "social" dari Goog;e+ seperti menambah teman atau update status pribadi.

Twitter

Twitter adalah social media yang benar benar booming, namun hebatnya twitter terkenal bukan karena fiturnya yang sangat banyak, namun karena kesederhanaanya. Ide utama twiter adalah menuangkan "update" dalam 140 karakter sehingga Setiap orang yang mempunyai handphone bisa update ke twitter.  

Twiiter juga mempunyai kelebihan terintegrasi dengan layanan lain baik di web ataupun di aplikasi mobile, bahkan sebagian besar handphone saat ini sudah terintegrasi twitter didalamnya. Bukan hanya itu, Apple iPad dan iPhone sudah serta Mac OS X menjadikan bagian terintegrasi dengan OSnya. Dengan integrasi dari pihak ketiga maka twiter seakan akan bukanlah sebuah website namun sebuah layanan yang menyatu. Saat anda mendengarkan music di iTUnes, anda bisa mentweetnya, saat mengambil foto yang unik dengan iPhone anda langsung bisa mensharenya. Itulah twitter. 

Kapan menggunakan dan untuk apa?
Twitter saya gunakan untuk melihat trend dunia, event apa yang terjadi, apa yang paling sering dibincangkan di dunia, link apa yang populer dan sebagainya. Twitter jarang saya pakai untuk komunkasi dua arah atau multi arah layaknya facebook. 

Saat ini twitter saya jadikan "Bookmark online". Jadi saat menemukan artikel menarik tinggal tweet, dan saya juga jarang update langsung di twitter. Saya mengintegrasikan twiter dengan facebook, jadi pas udpate facebook langsung terupdate ke twitter.

Facebook 
Facebook adalah Social network yang paling sering saya pakai, dan saya yakin anda juga kan? Facebook adalah tempat dimana saya sharing dengan teman "real" saya. Umumnya saya menambahkan teman jika saya sudah bertemu muka. Sangat jarang saya nge-add temen yang ga jelas, apalagi hanya karena cantik. Ga gue banget!. Saya tidak perlu menjelaskan fiturnya karena 99 persen dari anda yang mebaca tulisan ini punya facebook. 

Namun bukan bukan berarti saya menolak pertemanan dari orang yang tidak saya kenal, Saya akan mengapprove kalo ada yang ngeadd, namun biasanya saya tidak peduli dengan update teman yang tidak saya kenal. 

kapan dan untuk apa digunakan?
Facebook saya gunakan untuk berbagi link, artikel yang saya tulis di website dan hal hal yang saya anggap menarik. Saya sangat jarang menulis update yang sifatnya pribadi,Misal ;" lagi patah hati nih", "lagi sedih nih", dan sebagainya. Karena tidak setiap hal bisa dijadikan update. Saya termasuk orang yang update tidak terlalu sering, paling sehari satu sampai dua kali karena saya tidak ingin semua dalam hidup saya orang tahu. 

Walaupun facebook penuh dengan Game, saya sendiri jarang banget main game. Game di facebook sangat addictive, jadi kalau anda BOS dan kantor anda ada koneksi internet, Blok facebook jika karyawan anda ingin efektif dalam bekerja. Namun kalau mau berbaik hati ke karyawan, suruh admin jaringannya untuk memblokir facebook dari jam 8 -12, waktu istirahat (misal jam 12-13) dibuka kemudian tutup lagi sampai jam 16.00 (dengan asumsi kantor anda beropeasi dari jam 8  sampai jam 16). 

Happy Networking and sharing!


Thanks For Your Comment Here

ads

Blog Archive

Powered by Blogger.

elemen 1

Template dan Modifikasi by : ilmupedagangpelajar | ilmupedagangpelajar | ilmupedagangpelajar Published at ilmupedagangpelajar
Copyright © 2013. Ilmupedagangpelajar - All Rights Reserved