Baru-baru ini maskapai penerbangan berplat merah Garuda Indonesia dan
Citilink tak bisa ditemukan alias dipesan di situs maupun aplikasi online travel agent (OTA) Traveloka. Alhasil, pelanggan Traveloka kebingungan dengan peristiwa ini.
"Minggu lalu buka website Traveloka, tanggal 13 masih ada promo Citilink ke Makassar dari Jakarta. Muncul paling atas karena promo. Hari Sabtu lalu tanggal 15 Oktober saya cari lagi tiket ke Makassar dari Jakarta, sudah gak ada Citilink dan Garuda Indonesia. Akhirnya saya beli maskapai lain. Tadi masih saya coba cari dari Makassar ke Jakarta sekitar jam setengah lima, itu gak muncul maskapai Garuda Indonesia dan Citilink," kata mahasiswi asal perguruan tinggi di Depok, Fadjrin Ashari Zihni (21) kepada KompasTravel saat ditemui di kawasan Depok, Jawa Barat, Jumat (21/10/2016).
Fadjrin mengaku sempat kebingungan dengan ketiadaan maskapai Garuda Indonesia dan Citilink di situs Traveloka. Padahal, ia biasanya memesan tiket Garuda Indonesia dan Citilink di Traveloka jika ingin bepergian.
KompasTravel sempat mencoba mencari penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink di website Traveloka.com pada Jumat (21/10/2016) sejak pukul 21.00 WIB. Penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink untuk tanggal 10 November 2016 rute Makassar-Jakarta dan Jakarta–Surabaya tidak muncul di hasil pencarian situs Traveloka.com.
Untuk rute Makassar-Jakarta, hasil pencarian yang muncul di situs Traveloka adalah maskapai Lion Air, Sriwijaya Air, dan Batik Air. Maskapai Lion Air muncul 17 penerbangan meliputi penerbangan langsung dan transit untuk ganti maskapai yakni Wings Air, Sriwijaya Air, dan Batik Air.
Untuk maskapai Sriwijaya Air muncul delapan penerbangan meliputi penerbangan langsung dan transit untuk ganti maskapai Lion Air. Batik Air muncul sembilan penerbangan transit dan ganti pesawat dengan Lion Air.
Untuk rute Jakarta-Surabaya, hasil pencarian yang muncul di situs Traveloka adalah maskapai Lion Air, Air Asia, Sriwijaya Air, dan Batik Air. Maskapai Air Asia muncul dua penerbangan.
Maskapai
Lion Air muncul 19 penerbangan dari Jakarta ke Bali meliputi
penerbangan langsung dan transit untuk ganti maskapai yakni Wings Air.
Sementara, untuk maskapai Lion Air muncul 15 penerbangan langsung,
transit, dan ganti pesawat dengan Batik Air.
Netizen juga mempertanyakan "hilangnya" Garuda Indonesia dan Citilink
dari Traveloka. "Hi kok akhir-akhir ini saya gak bisa nemuin flight dengan Garuda di Traveloka?" demikian cuit Dewi Wulan Cempaka (@dewiwulanca). Citilink
Pihak Traveloka, Garuda Indonesia, dan Citilink, lanjut Benny, memastikan bahwa tidak dapat diaksesnya layanan tiket Garuda Indonesia dan Citilink hanya bersifat temporer. Ia menyebutkan setelah proses konsolidasi bisnis selesai dilaksanakan dalam waktu dekat, layanan tiket Garuda dan Citilink dapat segera diakses kembali.
“Berkaitan dengan pemberitaan di beberapa kanal media terkait permasalahan sistem ticketing Garuda Indonesia dan Citilink yang berdampak pada layanan Traveloka, bersama ini kami sampaikan bahwa tidak benar bahwa terdapat permasalahan dalam sistem ticketing Garuda Indonesia maupun Citilink,” jelasnya.
Sementara, Communications Executive Traveloka, Busyra Oryza juga mengakui bahwa hingga saat ini maskapai Garuda Indonesia dan Citilink tidak bisa diakses untuk sementara waktu dalam beberapa hari terakhir ini di website dan aplikasi Traveloka.
“Namun, kami pastikan bahwa kami dan pihak Garuda Indonesia berusaha mengembalikan maskapai tersebut di search result Traveloka secepatnya,” kata Busyra saat dikonfirmasi KompasTravel.
"Minggu lalu buka website Traveloka, tanggal 13 masih ada promo Citilink ke Makassar dari Jakarta. Muncul paling atas karena promo. Hari Sabtu lalu tanggal 15 Oktober saya cari lagi tiket ke Makassar dari Jakarta, sudah gak ada Citilink dan Garuda Indonesia. Akhirnya saya beli maskapai lain. Tadi masih saya coba cari dari Makassar ke Jakarta sekitar jam setengah lima, itu gak muncul maskapai Garuda Indonesia dan Citilink," kata mahasiswi asal perguruan tinggi di Depok, Fadjrin Ashari Zihni (21) kepada KompasTravel saat ditemui di kawasan Depok, Jawa Barat, Jumat (21/10/2016).
Fadjrin mengaku sempat kebingungan dengan ketiadaan maskapai Garuda Indonesia dan Citilink di situs Traveloka. Padahal, ia biasanya memesan tiket Garuda Indonesia dan Citilink di Traveloka jika ingin bepergian.
KompasTravel sempat mencoba mencari penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink di website Traveloka.com pada Jumat (21/10/2016) sejak pukul 21.00 WIB. Penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink untuk tanggal 10 November 2016 rute Makassar-Jakarta dan Jakarta–Surabaya tidak muncul di hasil pencarian situs Traveloka.com.
Untuk rute Makassar-Jakarta, hasil pencarian yang muncul di situs Traveloka adalah maskapai Lion Air, Sriwijaya Air, dan Batik Air. Maskapai Lion Air muncul 17 penerbangan meliputi penerbangan langsung dan transit untuk ganti maskapai yakni Wings Air, Sriwijaya Air, dan Batik Air.
Untuk maskapai Sriwijaya Air muncul delapan penerbangan meliputi penerbangan langsung dan transit untuk ganti maskapai Lion Air. Batik Air muncul sembilan penerbangan transit dan ganti pesawat dengan Lion Air.
Untuk rute Jakarta-Surabaya, hasil pencarian yang muncul di situs Traveloka adalah maskapai Lion Air, Air Asia, Sriwijaya Air, dan Batik Air. Maskapai Air Asia muncul dua penerbangan.
Atas cuitan Dewi tersebut, admin @Traveloka membalas bahwa "Saat ini Garuda sedang dalam perbaikan sistem. jadi belum dapat kami tampilkan di halaman website Traveloka".@traveloka Hi kok akhir-akhir ini saya gak bisa nemuin flight dengan Garuda di Traveloka?— Dewi Wulan Cempaka A (@dewiwulanca) October 12, 2016
Sementara itu netizen lain seperti Ermanabi (@ermanabi1) bertanya,"@traveloka pilihan tiket @IndonesiaGaruda belum ada ya dintraveloka. Apa masih masalah sistem ?"@dewiwulanca Hai Dewi, saat ini Garuda sedang dalam perbaikan sistem. Jadi belum dapat kami tampilkan di halaman website Traveloka. -IS1— Traveloka Indonesia (@traveloka) October 12, 2016
Cuitan ini ditanggapi admin @IndonesiaGaruda bahwa saat ini antara Garuda dan Traveloka masih melakukan proses perbaikan sistem.@traveloka pilihan tiket @IndonesiaGaruda belum ada ya dintraveloka. Apa masih masalah sistem ?— ermanabi (@ermanabi1) October 18, 2016
Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar dalam sebuah pernyataan resmi kepada media mengakui bahwa layanan tiket Garuda Indonesia dan Citilink Indonesa pada laman Traveloka belum dapat terakses dengan baik.@ermanabi1 Saat ini antara Garuda dan Traveloka masih melakukan proses perbaikan sistem. Terima kasih. - Robby— Garuda Indonesia (@IndonesiaGaruda) October 18, 2016
Pihak Traveloka, Garuda Indonesia, dan Citilink, lanjut Benny, memastikan bahwa tidak dapat diaksesnya layanan tiket Garuda Indonesia dan Citilink hanya bersifat temporer. Ia menyebutkan setelah proses konsolidasi bisnis selesai dilaksanakan dalam waktu dekat, layanan tiket Garuda dan Citilink dapat segera diakses kembali.
“Berkaitan dengan pemberitaan di beberapa kanal media terkait permasalahan sistem ticketing Garuda Indonesia dan Citilink yang berdampak pada layanan Traveloka, bersama ini kami sampaikan bahwa tidak benar bahwa terdapat permasalahan dalam sistem ticketing Garuda Indonesia maupun Citilink,” jelasnya.
Sementara, Communications Executive Traveloka, Busyra Oryza juga mengakui bahwa hingga saat ini maskapai Garuda Indonesia dan Citilink tidak bisa diakses untuk sementara waktu dalam beberapa hari terakhir ini di website dan aplikasi Traveloka.
“Namun, kami pastikan bahwa kami dan pihak Garuda Indonesia berusaha mengembalikan maskapai tersebut di search result Traveloka secepatnya,” kata Busyra saat dikonfirmasi KompasTravel.