Twitter analytics adalah tool yang semula hanya bisa diakses oleh Pemasang iklan di twitter, Saat ini twitter analytics bisa diakses oleh setiap pengunjung twitter dengan mengklik foto profil di kanan atas halaman twitter lalu pilih menu Analytics.
Twitter analytics mempunyai 3 menu utama yaitu Tweet, follower, dan Twitter card.
Tampilan analytics Tweet
Tampilan twitter analitics |
Tampilan tweet analitics mengukur jumlah impresi (berapa banyak orang melihat tweet kita) dan melihat engagment per tweet. Engagment disini bisa diartikan total dari retweet,favorit atau klik link yang ada di tweet tersebut. Makin tinggi engagmentnya makin tinggi keberhasilan sebuah tweet mencapai target user/follower.
Analytics follower
Tab kedua ini mengukur jumlah follower kita dari waktu ke waktu. Selain itu, follower juga di kelompokan berdasarkan pada gender, minat dan negara asal dari follower.
analitics twitter follower |
Twitter card
Pada bagian ini, kebetulan tempat saya kosong, namun sejauh yang saya tahu, twitter card berisi engagment untuk tweet yang di embeded di website lain. Artinya, jika tweet kita tidak pernah di embeded di website atau aplikasi, maka bagian ini kosong.
Dengan melihat semua analitics ini, sepertinya twitter berharap anda pasang iklan di platform ini. Bagi orang biasa, fitur ini memang sedikit manfaatnya, apalagi yang punya follower dikit, namun bagi para artis, tokoh atau orang orang pemasaran, analisa ini sangat berarti untuk menentukan keberhasilan pemasaran lewat twitter.