Monday, November 18, 2013

Home » , , » Teknologi Nirkabel Cepat Masa Depan dengan Bohlam Lampu

Teknologi Nirkabel Cepat Masa Depan dengan Bohlam Lampu

Salah satu teknologi transfer data yang paling populer saat ini adalah Wifi. Hampir di semua perangkat elektronik seperti PC, Notebook, smartphone, tablet, smartwatch dan lainnya sudah menyematkan Wi-Fi untuk konektivitas atau kanal internetnya.

Meningkatnya permintaan untuk bandwidth yang lebih tinggi, lebih cepat dan transmisi data yang lebih aman sebaik lingkungan dan tidak diragukan lagi teknologi yang ramah bagi manusia mengabarkan sebuah awal dari perubahan besar dalam teknologi nirkabel. Para ilmuwan dari Shanghai Institute of Technical Physics di China telah menemukan sebuah media transfer data baru untuk mendukung koneksi internet, yaitu bohlam lampu LED. Sebuah penelitian menghasilkan sebuahteknologi yang disebut sebagai Light Fidelity atau LiFi menjanjikan kecepatantransfer yang lebih cepat dibanding WiFi dan LiFi kemungkinan akan menggantikan WiFi dimasa mendatang.

Teknologi Light Fidelity atau Li-Fi merupakan sebuah paradigma baru untuk teknologi nirkabel dengan cahaya (wireless optic) untuk menyediakan konektivitas yang belum ada sebelumnya dalam lingkungan data-sentris terlokalisasi.


Perkembangan teknologi Light Fidelity (Li-Fi) terus berlanjut. Seorang fisikawan dan profesor Jerman, HaraldHaas melalui proyek dari perusahaan Pure VLC ini mengembangkan metode smartlighting yang memungkinkan cahaya digunakan untuk mengirim dan menerima dat ayang mampu mencapai kecepatan hingga 50 Mbps.

Saat ini harus diakui bahwa kecepatan transferdata dari teknologi Light Fidelity ini memang belum bisa mengalahkan kecepatan transfer data dari standar Wireles Fidelity senerasi terakhir.

Harald Haas juga menambahkan bahwa ia dantimnya terus berusaha untuk mengembangkan sistem LiFi di laboratorium agar dapat menghasilkan kecepatan hingga satuan gigabit per detik.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica, LiFiini memiliki beberapa kelebihan seperti luas spektrum transmisi yang lebih luas hingga 10.000 dari Wireless Fidelity yang berbasis gelombang radio. LiFi juga mampu menyediakan konektivitas nirkabel dirumah atau dikamar tanpa takut terjadi kebocoran sinyal.

Melihat itu, tentu saja teknologi ini memiki potensi besar untuk digunakan pada beberapa tahun mendatang. Pertanyaannya, bagaiamana jika terjadi pemutusan aliran listrik apakah bola lampu itu masih bisa menyediakan koneksi internet?

Hingga kini peneliti pun masih mencari cara-cara untuk mengatasi permasalahan itu.

NB: Dikutip dari beberapa sumber

Thanks For Your Comment Here

ads

Blog Archive

Powered by Blogger.

elemen 1

Template dan Modifikasi by : ilmupedagangpelajar | ilmupedagangpelajar | ilmupedagangpelajar Published at ilmupedagangpelajar
Copyright © 2013. Ilmupedagangpelajar - All Rights Reserved